Eksplorasi Pesanggrahan Rejawinangun alias Situs Warungboto

Eksplorasi Pesanggrahan Rajawinangun alias Situs Warungboto

Sebenarnya, Situs Warungboto bukan tujuan utama kami di Yogyakarta. Kebetulan saja, hotel kami dekat dengan bangunan cagar budaya ini. Ternyata, prewed-nya anak Jokowi juga dilakukan di sini. Namun bukan Kahiyang yang membuat kami mengunjungi bangunan peninggalan Mataram Kuno ini. Justru para warganet jelatalah yang sukses memengaruhi kami untuk datang.

Awalnya, kami meramban lokasi-lokasi wisata yang terdekat dengan hotel. Kami lalu menemukan semacam "keraton" yang (konon) belum banyak diketahui orang. Padahal, dari gambar-gambarnya di internet, arsitektur tempat itu terlihat eksotik. Beda dan unik. Dan sepertinya, asyik juga buat anak-anak untuk berlarian dan main di sini.

Maka tidak perlu waktu lama bagi Keluarga Kecil Homerie untuk memasukkan Pesanggrahan Rejawinangun alias Situs Warungboto dalam daftar kunjungan.

Situs ini terletak di Jalan Veteran 77, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55164. Di sisi baratnya Sungai Gajah Wong.

Secara umum, Situs Warungboto mirip dengan Taman Sari, baik fungsi bangunannya maupun interiornya. Ada kolam juga di sini, membuatnya tampak manis dan menarik untuk berfoto-foto ria.

Tangga-tangganya yang naik-turun juga merupakan tantangan tersendiri bagi wisatawan, terutama anak-anak. Karena mereka pasti memandangnya sebagai taman bermain. Sebaliknya, bagi orang tua, lebih seperti tempat olahraga untuk melatih jantung dan paru-paru, hehehe….

Sesuai namanya, Warungboto terbangun dari tumpukan batu bata. Bangunan yang penuh lengkungan itu kemudian dicat dengan warna krem, mirip dengan tanah di sekitarnya.

Sayang, dinding Situs Warungboto sudah banyak menghitam dan berlumut, sehingga agak risih untuk menyentuh atau bersandar. Mungkin karena pemugarannya belum selesai dan perawatannya kurang maksimal. Namun, toh itu tidak mengurangi eksotisme bangunannya.

Kami langsung mengajak Ara dan Kira untuk naik ke lantai paling atas, supaya bisa melihat secara keseluruhan situs ini. Juga mendapatkan city view dari Kota Jogja.

Begitu sampai di atas, memang bangunannya bagus dan bersih. Namun pemandangan ke kawasan sekitar yang berkesan kumuh. Ini rasanya perlu menjadi prioritas bagi pengelola, kalau ingin Situs Warungboto lebih populer.

Demikian catatan sekilas dari kunjungan singkat kami di Situs Warungboto. Selebihnya, kami rekam perjalanan eksplorasi kami dalam video berdurasi pendek ini: