Serunya Belajar Matematika dengan Gim TuxMath

Mengenal Aneka Bunga di Taman Harmoni atau Hutan Bambu Surabaya

Mengenal Aneka Bunga di Taman Harmoni atau Hutan Bambu Surabaya

Ara suka sekali dengan bunga. Dia sering memungut bunga yang jatuh di kebun kami, atau bahkan di jalan. Terkadang, bunga-bunga itu disimpannya sampai layu. Terkadang, kalau mau berangkat sekolah, dia sengaja membawakannya untuk temannya (yang katanya juga suka bunga). Padahal, Yayah sudah bolak-balik mengingatkan, bunga yang dipungutnya itu jelek, masa temannya dikasih bunga jelek. Tetapi Ara tetap bersikeras.

Mau bagaimana lagi, dasarnya suka. Yayah dan Bunda tidak bisa melarangnya. Berdasarkan kesukaan itu pula, Yayah mengajak Ara dan Kira ke sebuah taman bunga, yaitu Taman Harmoni Surabaya (dulunya disebut Taman Sakura). Taman ini dekat dengan Hutan Bambu Surabaya dan bersebelahan dengan Terminal Keputih Surabaya.

Daripada wawasannya tentang flora, khususnya tumbuh-tumbuhan bunga, itu-itu saja, sekalian kami bawa ke kebunnya langsung. Ada ratusan spesies bunga di sini. Mungkin, taman seluas kurang-lebih 60 hektare ini layak disebut Museum Bunga.

Sebenarnya, saat Kira belum lahir, Ara sudah pernah kemari. Waktu itu, tahun 2015. Toh Ara tetap antusias ketika kami ajak kemari lagi.

Taman Bunga yang Bekas TPA

Dulu, Taman Harmoni tidak seindah ini. Bahkan sangat jorok! Maklumlah, lahan ini sebelum 2013 adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sampah-sampah dari jutaan penduduk Surabaya semuanya dibuang dan diolah di sini. Selama puluhan tahun!

Makanya, ketika kami datang untuk pertama kalinya di Taman Harmoni, baunya masih menyengat. Bau sampah, bakaran sampah, juga gas metana. Meskipun saat itu, tidak terlalu mengganggu. Kami masih betah satu atau dua jam di sana. Malah, yang membuat kami pulang bukan aromanya, melainkan justru teriknya matahari sore itu.

Sekarang, pada 2019, aroma-aroma itu nyaris tidak tercium lagi. Keadaan taman juga jauh lebih bersih. Bukan hanya bunga, kami sudah melihat kebun buah atau umbi-umbian di sini. Variasi wahana di playground atau taman bermainnya juga lebih banyak.

Taman Harmoni secara indra penglihatan indah, secara indra penciuman pun sudah bagus.

Di sini, Ara senang sekali dapat memperkaya wawasannya tentang variasi perbungaan.

Sementara Kira, ah, anak itu dingin-dingin saja tanggapannya. Dia hanya suka berlari-larian bersama kakaknya. Itu pun sebentar-sebentar minta gendong, karena mengaku kecapaian.

Penasaran dengan koleksi bunga dan penampakan terkini taman bunga berkelas internasional ini? Simak langsung video kami:


Tips Berkunjung ke Taman Harmoni

Berikut ini catatan, sekaligus tip, dari Keluarga Kecil Homerie jika Ayah-Bunda dan buah hati ingin mengunjungi Taman Harmoni Surabaya.
  1. Ingat aturan umumnya: Jangan menginjak area tumbuhan (tetaplah di jalur paving pedestrian), jangan buang sampah sembarangan (ada banyak tempat sampah, kok), jangan mencoret-coret, dan jangan pacaran!
  2. Dilarang memetik bunga. Ini yang kami larang keras kepada Ara dan Kira. Ini taman bunga, bukan toko bunga. Biarkan bunga berada di tangkainya secara alami.
  3. Hati-hati, ada banyak ulat. Namanya juga taman bunga, kupu-kupu senang mengisap nektar dan buahnya. Kupu-kupu adalah ulat yang bersayap. Jadi, kalau banyak kupu-kupu beterbangan, berarti banyak ulat juga.
  4. Siapkan fisik, karena Taman Bunga Harmoni luas sekali. Meskipun belum semua area dikembangkan sebagai lokasi wisata, tetapi lokasi-lokasi yang sudah terbangun saja sudah cukup membuat kami ngos-ngosan.
  5. Bawa makanan dan minuman yang banyak. Kecuali kalau Ayah-Bunda mau garing dan lemas saat sedang mengeksplorasi Taman Harmoni. Memang, ada beberapa penjual, tetapi mereka tidak boleh masuk tamannya.
  6. Bawa kamera dengan baterai penuh. Sebab, ada begitu banyak objek untuk difoto atau disyuting. Mau foto prewedding di sini juga bisa. Banyak sudut yang menarik.
Nah, selamat bersenang-senang di Taman Harmoni Surabaya!

Taman Harmoni atau Hutan Bambu

  • Alamat: Jalan Keputih Tegal Timur II/249, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111, Jawa Timur
  • Luas area: sekitar 60 hektare
  • Fasilitas: Taman bermain anak, toilet, musala, tempat parkir luas
  • Buka: Setiap hari, pukul 6.00-18.00 WIB
  • HTM: Gratis

Komentar