Setya Syariah, Hotel Nyaman di Jantung Kota Madiun

Wild Animal Hunt, Perburuan Hewan Liar dengan Senter

Wild Animal Hunt, Perburu Hewan Liar dengan Senter
  • Judul: Wild Animal Hunt
  • Seri: Spotlight Books
  • ISBN: 9781464303104
  • Pengarang: The Book Company
  • Bahasa: Inggris
  • Tebal: 10 halaman
  • Terbit: Januari 2013
  • Penerbit: JG Kids, World Publications Group, Amerika
Umumnya, berburu hewan liar di hutan atau padang rumput menggunakan senapan. Namun, Ara malah menggunakan senter. Kok bisa? Itu karena Ara tidak berburu di hutan atau padang rumput betulan, melainkan melalui buku berjudul Spotlight: Wild Animal Hunt (perburuan binatang liar).

Selain seri ini, ada juga Ocean Hunt (perburuan hewan laut), On The Farm (di peternakan), dan Bugs & Reptiles Hunt (perburuan serangga dan reptil). Semua seri ini dilengkapi dengan senter (spotlight). Apa yang dimaksud dengan “senter”? Sebentar lagi, kami akanjelaskan.

Buku Bersenter yang Kreatif

Wild Animal Hunt berisi tentang pengenalan singkat berbagai binatang liar yang ada di lima ekosistem besar: gurun, sungai padang rumput, kutub (salju), pegunungan, dan hutan hujan tropis. Uniknya, pembaca tidak hanya disodori penjelasan tentang hewan ini-itu, melainkan juga disuruh aktif mencari dan menghitung hewan-hewan tersebut.

Halaman pertama, umpamanya. Isinya mengenai binatang-binatang di gurun, seperti unta (camel), ular derik (rattlesnake), burung unta (ostrich), rubah (fennec fox), kalajengking (scorpion), serigala (jackal), tikus gurun (jerboa), dan kelinci (cape hare), dan kura-kura (tortoise).

Lalu, halaman kedua berisi gambar dengan ekosistem yang sama, tetapi halamannya gelap. Ini seperti ingin mengesankan kondisi ekosistem tersebut bila malam hari.

Pembaca diminta mencari dan menghitung hewan-hewan gurun di halaman yang gelap menggunakan senter-senteran yang disediakan di buku Wild Animal Hunt. Senter inilah yang membedakan seri buku ini dengan buku-buku lainnya. Makanya, buku ini disebut seri Spotlight, artinya lampu sorot atau senter.

Apa yang disebut senter ini sendiri terbuat dari kertas tebal yang sengaja dibentuk dan didesain mirip senter. Cara menggunakannya mudah saja, yaitu dengan menyelipkannya ke bawah halaman plastik. Halaman tersebut sebenarnya berupa plastik transparan bergambar yang melapisi kertas hitam di bawahnya. Sehingga, ketika kepala “senter” berwarna putih itu dimasukkan, gambar di kertas transparan tadi otomatis terlihat. Kesannya, ada lampu sorot di sana.

Kreatif, ya, yang mendesain buku ini! Dijamin, anak, terutama 3-6 tahun, tidak bosan mengeksplorasinya. Dengan senter itu, anak akan disibukkan dengan menghitung berapa banyak harimau di sanat? Ada berapa banyak panda? Berapa banyak penguin yang berdiri di atas es?

Membaca Wild Animal Hunt

Selain ilmu, ada keasyikan tersendiri membaca buku bersampul keras (hard cover) ini. Bisa dibilang, ini adalah buku aktivitas. Sebab, pembaca diajak melakukan kegiatan selain membaca.

Ara sendiri begitu mendapatkan buku ini sangat antusias. Setelah dijelaskan ini buku apa dan bagaimana cara menggunakannya, dia langsung mengubek-ubeknya. Waktu itu, dia masih berumur empat tahun, belum bisa membaca. Apalagi, ini buku berbahasa Inggris. Yayah dan Bunda mendampinginya seraya menjelaskan hewan-hewan yang ada di buku tersebut beserta habitat mereka.

Kurang tertarik dengan penjelasan hewan-hewan itu, Ara lebih tertarik dengan kegiatan berburunya. Mungkin merasa unik, karena tidak biasa-biasanya ada buku bersenter begini. Tahu sendiri, kan, kebanyakan buku aktivitas di Indonesia hanya berupa buku menghitung, mewarnai atau menggunting.

Dua tahun berlalu, Ara ternyata masih menyukai buku ini. Begitupun Kira. Sama dengan kakaknya, dia juga suka dengan gambar-gambar dan kegiatan berburunya. Setiap hari dimainkan. Untung, buku ini memang didesain untuk anak-anak (yang motoriknya belum mampu membuka halaman-halaman buku dengan pelan), tebal, antisobek!

Hanya, senternya yang sekarang lecek dan patah. Jadi, kami harus melakukan sedikit reparasi ketika hendak meresensinya secara audiovisual. Mau tahu bentuk senter itu dan penggunaannya? Berikut ini video review Ara mengenai buku Wild Animal Hunt:

Komentar