Serunya Belajar Matematika dengan Gim TuxMath

Studi Ekskursi ke Kue Madiun Sidjie, Pembuat Kue-kue Karakter Lucu dan Unik

Studi Ekskursi ke Kue Madiun Sidji, Pembuat Kue-kue Karakter Lucu dan Unik

Keluarga Kecil Homerie baru saja jalan-jalan ke Madiun. Mampir ke Kue Madiun Sidjie, kami sempat mewawancarai pemiliknya tentang bisnis kuliner tersebut. Ini supaya wawasan Ara dan Kira terbuka. Jadi kalau ditanya cita-cita, jawabannya bukan melulu dokter, astronot, pilot, atau presiden. Ada banyak sekali opsi profesi di luar itu. Semuanya menjanjikan keseruan dan tantangan masing-masing. Salah satunya, pembuat kue karakter ini.

Tahu kue karakter, kan? itu, lo, kue-kue yang dibentuk menjadi karakter-karakter tokoh (biasanya kartun) yang lucu, unik, terkenal, atau bahkan diri sendiri.

Ada banyak pertanyaan yang muncul ketika melihat kue karakter yang unik-unik. Ini semua bagiannya bisa dimakan? Bagaimana cara membuat kue karakter? Bahan-bahannya apa saja kalau ingin membuat kue karakter? Keahlian apa saja yang diperlukan untuk membuat kue karakter? Dan seterusnya.

Dengan sabar, pemilik Kue Sidjie Madiun menjelaskannya kepada Keluarga Kecil Homerie. Bukan itu saja, kami juga diajak untuk membuat kue karakter sendiri dengan panduan dari mereka. Terbayang serunya, kan?!

Cara Membuat Kue Karakter

Tentu saja, soal metode, ada berbagai versi. Salah satu versi langkah-langkah membuat kue karakter yang ditunjukkan ketika kami berkunjung ke Kue Madiun Sidjie adalah sebagai berikut:
  1. Mewarnai Fondan. Bahan dekorasi kue dari gula ini bisa diwarnai sesuai kehendak kita, dengan pewarna makanan (food-grade). Warna dapat membuat kue yang kita rancang lebih “hidup”. Prosesnya manual, yaitu dengan meneteskan pewarna itu ke fondan dan menguleninya.
  2. Melapisi Cupcake dengan Buttercream dan Fondan. Entah itu brownies atau bolu, cupcake harus dilapisi terlebih dahulu sebelum diberi topping dekoratif.
  3. Menyiapkan Dekorasi Huruf dari Fondan. Ada kalanya, sebuah kue karakter membutuhkan huruf atau angka. Huruf-huruf tersebut dapat dicetak dari fondan dengan bantuan cetakan atau penggaris khusus.
  4. Membuat Figurin (karakter tiga dimensi). Inilah inti dari kue karakter. Kita bisa membuat figurin semacam Hello Kitty, Upin-Ipin, Angry Birds, Spiderman, Tayo, Minion, Shaun The Sheap, Masha & The Bear, Doraemon, dan sebagainya. Caranya? Bisa dengan cetakan langsung atau membentuknya sendiri secara manual. Ini main tanah liat sewaktu Ayah-Bunda kecil dulu.
  5. Mencetak Foto di Kertas Berbahan Fondan. Nah, ini teknik lain dari menampilkan sesuatu yang unik atau personal di kue karakter. Kita bisa mencetak foto atau gambar apa saja, lalu menempelnya ke kue. Hasil cetakan ini bisa dimakan. Sebab, meski printer-nya bisa apa saja, tetapi kertasnya berupa fondan dan tintanya khusus (food-grade). Tetapi, karena cetakan biasa, hasilnya pun hanya dua dimensi.
Karena bahan kue karakter kebanyakan dari fondan (gula), sebagai perekat kita cukup menggunakan air biasa. Jadi, bukan lem. Ingat, secara alami, gula akan lengket ketika dibasahi. Entah mau menempelkan gambar ke kue atau merekatkan dua bagian dekorasi, kita cukup mengolesinya dengan air.

Selama berjam-jam, Ara dan Kira antusias dengan studi ekskursi ini. Sudah bisa ditebaklah. Alat-alat kerja dan hasil produksinya saja sesuai dengan jiwa anak-anak mereka. Dapur Kue Madiun Sidjie ini seperti ruang-ruang TK, dengan malam atau play doh yang berserakan. Ara bersorak girang sambil melumat-lumat fondan, “Ini kayak main slime, Yah!”

Ingin tahu serunya? Tonton di video terbaru Homerie ini:


Kue Madiun Sidjie

Setiap pebisnis kuliner harus jeli melihat setiap peluang. Beberapa tahun belakangan, orang sedang gandrung dengan kue-kue yang berpenampilan wah. Peluang ini segera ditangkap oleh sepasang suami-istri Ahmad Giri Seto Widhiari dan Yulia Tri Cahyaningsih.

Awalnya, Yulia yang sampai berumah tangga belum bisa masak, tertantang untuk membuktikan bahwa dirinya mampu. Dia pun mengambil les memasak. Namun, dia mengambil jurusan kue. Dengan alasan, kalau gagal, kue masih bisa dimakan.

Sampai rumah, Yulia menerapkan ilmunya. Dia juga menyebarkan hasil utak-atiknya ke teman-temannya. Tak dinyana, banyak yang bilang enak. Malah ada yang langsung memesan, padahal Yulia tidak berniat mengomersialkan hobi barunya ini. Jadi, “Aku minta dibelikan bahan-bahannya saja,” kenang kawan kuliah Yayah ini.

Tetapi, temannya itu menolak, karena hanya ingin terima beres dan dikasih harga profesional. Apa boleh buat, Yulia pun menurut.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak saja teman-teman model begini. Tercetuslah ide untuk sekalian membuatnya menjadi bisnis kuliner yang profesional. Apalagi, Yulia dan Giri berdua baru membeli dan membangun rumah, tempat Keluarga Kecil Homerie berkunjung. Walaupun saat ini belum juga difungsikan sebagai etalase atau kantor, rumah tersebut sangat ideal lantaran letaknya yang strategis di jalan besar, di dekat lapangan Kecamatan Jiwan.

Giri didapuk menjadi customer service, marketing, sekaligus tukang dekor kuenya. Ya, meski mulanya Yulia yang kursus, tetapi akhirnya ASN di BKKBN Saradan itu yang terbukti lebih terampil menangani figurin-figurin.

Yulia sendiri akhirnya lebih berperan sebagai desainer. Ibu rumah tangga itu juga mengawasi operasional, karena Kue Sidjie Madiun memiliki lima pegawai tetap.

Usaha mereka semakin dikenal. Pemesan datang dari berbagai kalangan. Mulai dari teman kantor, Kapolsek, Kapolres, sampai Bupati Madiun pernah merasakan legitnya Kue Madiun Sidjie. Jadi, kalau Ayah-Bunda kebetulan berada di Madiun dan ingin mencicipinya, silakan datang atau cukup kirim WA.
  • Alamat: Jalan Branjangan 16 B, Jiwan Selatan, Madiun, Jawa Timur 63161
  • Telepon/What'sApp: 0852-3222-3238
  • Facebook: Kue Madiun Sidjie
  • Instagram: @KueMadiun
Selain kue karakter, Kue Madiun Sidjie sebenarnya juga menerima pesanan tart, cupcake, tumpeng, nasi kotak, dan snacks.

Komentar