Memori Semarang, Petualangan Pertama Homerie

Ensiklopedia Juz Amma untuk Anak, Buku untuk Dibaca Berulang-ulang

Ensiklopedia Juz Amma untuk Anak, Buku untuk Dibaca Berulang-ulang
  • Judul: Ensiklopedia Juz Amma untuk Anak
  • ISBN: 9786021694688
  • Pengarang: Aminah Mustari
  • Bahasa: Indonesia
  • Tebal: 184 halaman
  • Terbit: Maret 2019
  • Penerbit: Al-Kautsar Kids
Alquran merupakan mukjizat terbesar berupa petunjuk, hukum, teladan, pengajaran, dan panduan bagi manusia sehingga akhir zaman. Ada sebuah juz (bab dalam Alquran) yang isinya surat-surat pendek. Namanya Juz Amma. Lantaran pendek, juz ke-30 ini menjadi favorit bagi anak-anak (atau siapapun yang baru belajar Islam), karena mudah dihafal.

Buku Ensiklopedia Juz Amma untuk Anak ini membahas juz tersebut secara detail. Tentu saja yang dimaksud “detail” itu untuk ukuran anak-anak, bukan orang dewasa. Meski demikian, harus diakui, Ara yang masih berusia 6 tahun agak kesulitan mencerna isinya.

Maka, kami menyarankan orang tua untuk tetap mendampingi anak dalam membaca buku ini. Karena akan selalu ada pertanyaan-pertanyaan darinya.

Isi Buku Ensiklopedia Juz Amma untuk Anak

Secara umum, buku ini terdiri dari dua bagian, yaitu:
  1. Bagian utama. berisi 38 surat Juz Amma, terjemahannya (dalam bahasa Indonesia dan Inggris), penjelasan arti ayat per ayat, keterangan kenapa surat-surat itu turun, tugas sederhana yang dapat dilakukan anak-anak, pelajaran bahasa Arab sekilas, dan kolom evaluasi.
  2. Bagian bonus. Terdiri dari tips dan trik membantu anak menghafal Alquran, doa-doa harian, tata cara wudu dan salat, Rukun Islam, dan Asmaul Husna atau 99 nama Allah Subhanahu wa Ta'ala.
Intinya, buku ini mengajar anak-anak untuk memahami konsep kebenaran dan kebaikan Islam melalui Alquran. Nilai-nilai ini diajarkan dengan sederhana dan sesuai dengan keseharian anak. InsyaAllah, buah hati akan memahami dan menerapkannya sendiri.

Pengalaman Ara dan Kira Membaca Ensiklopedia Juz Amma untuk Anak

Ara tergolong anak yang cepat menghafal. Ketika dia menginjak usia dua tahun, Bunda membelikannya buku cerita. Ara belum bisa membaca sehingga Bunda harus membacakannya. Seminggu kemudian, Ara sudah bisa menirukan isi buku itu, persis! Orang yang tidak paham akan menyangka dia sudah bisa membaca, hehehe.

Begitu juga ketika Ara dibacakan surat Al-Fatihah, Ara dengan cepat menghafalkannya. Tentu saja hanya menghafal, tanpa memahami isinya. Lama-lama, mungkin karena bosan, dia pun semakin jarang membacanya.

Yayah dan Bunda berpikir, perlu media yang bisa membantu Ara menghafal dan memahami surat-surat pendek. Karena Ara cenderung punya gaya belajar secara visual, pilihannya kalau tidak buku ya video. Namun memutarkan video terus-menerus khawatir membuat Ara ketagihan. Selain itu, khawatir bisa merusak matanya.

Jadi alternatifnya adalah dengan memberinya buku. Bukan sembarang buku. Buku yang hanya berisi tulisan, akan membuat Ara bosan. Namanya juga anak-anak. Buku yang cocok adalah buku bergambar dan berwarna-warni.

Maka ketika di sebuah pameran buku, kami menemukan buku dengan penampilan menaris yang berjudul Ensiklopedia Juz Amma untuk Anak ini, langsung kami beli.

Review Buku Ensiklopedia Juz Amma untuk Anak

Buku ini berkover keras (hard cover) yang enak dipegang dan tampak kokoh, sehingga tidak khawatir cepat sobek ketika dipegang anak-anak. Gambar-gambarnya juga lucu, dengan halaman-halaman yang berwarna-warni. Tetapi isinya padat berisi.

Kadang Ara malas membacanya, tetapi dengan adanya ilustrasi yang menarik, dia jadi penasaran. Misalnya, dalam surat Al-Qaari'ah, terdapat gambar gunung meletus dan ombak yang bergulung tinggi. Ara bertanya, “Kenapa gunungnya meletus dan orang-orangnya lari?”

Bunda menjawab, “Itulah gambaran hari kiamat.”

“Kiamat itu apa, Bunda?”

Nah, tujuan buku untuk menciptakan wacana dan dialog atau diskusi pun terpenuhi. Berarti, ini buku yang berhasil! Setidaknya, buku ini mampu menggugah minat baca Ara, dan minatnya untuk menggali agama Islam.

Keluarga Kecil Homerie merekomendasikan buku ini. Ensiklopedia Juz Amma untuk Anak pantas menjadi penghuni rak buku di rumah kita. Dan karena ini ensiklopedia, karakternya adalah sebagai referensi, bukan buat buku yang sekali dibaca lalu diabaikan.

Ensiklopedia Juz Amma untuk Anak sebaiknya dibaca setiap hari, atau sewaktu-waktu anak ingin tahu apa yang melatarbelakangi diturunkannya surat-surat tertentu (dalam Juz Amma).

Namun, mungkin akan lebih lengkap bila disertai CD surat-surat Juz Amma. Dengan begitu, anak akan semakin bersemangat menghafal Alquran.

Yuk, simak video review kami selengkapnya terhadap buku Ensiklopedia Juz Amma untuk Anak ini:

Komentar