Duolingo, Cara Gratis dan Asyik Belajar Bahasa Asing

Staycate di OYO 485 Marcello Residence Surabaya

Staycate di OYO 485 Marcello Residence

Tidak ada rencana staycation, sebenarnya. Namun, air di rumah kami beberapa hari itu mati. Protes ke PDAM tidak ada tindak lanjut yang signifikan. Terpaksa, kami mengungsi kemari, Penginapan OYO 485 Marcello Residence. Kebetulan, posisi penginapan ini dekat rumah. Jadi, bisa dijangkau dengan sepeda motor tanpa melewati jalan raya.

Lokasi penginapannya agak berbelok-belok. Yang membuatnya lebih sulit ditemukan, Marcello Residence terletak di kompleks yang banyak kos-kosannya. Jadi agak rancu, apalagi plangnya belum dipasang.

Sepertinya, penginapan ini masih direnovasi ketika Keluarga Kecil Homerie menginap di sana. Kelihatan sekali masih berantakan dan kotor berdebu. Sampah-sampah juga menumpuk dengan jorok.

Fasilitas Marcello Residence

Kamar yang kami pesan adalah Triple Suite di lantai 3. Kamarnya luas, anak-anak girang bukan kepalang. Ada tiga ranjang ukuran queen di sana. Yayah dan Ara masing-masing tidur di satu ranjang. Sementara Bunda berbagi ranjang dengan Kira.

Selain ranjang, fasilitas kamar kami lengkap. Antara lain kulkas ukuran lemari (bukan kulkas mini sebagaimana yang lazimnya ada di kamar), televisi LCD, dua lemari besar, wastafel di luar kamar mandi, meja panjang tanpa kursi, wi-fi yang menjangkau dengan baik kamar kami, dan AC.

AC-nya ini dobel. Sayang, salah satunya tidak berfungsi. Sehingga untuk mendinginkan ruangan seluas itu perlu waktu lama. Padahal, Surabaya sedang panas-panasnya karena peralihan musim.

Yang menjadi catatan kami, meskipun ruangannya luas, kamar mandinya kecil sekali. Meskipun isinya lengkap: WC, pancuran (shower), dan kran air panas yang lancar. Pancuran WC tidak berfungsi. Tandon buat flush juga lambat terisinya.

Sayangnya lagi, pintu kamar mandi semitransparan. Sehingga, kalau ada orang mandi akan terlihat siluet, hingga warna kulitnya. Ya, setransparan itu! Ini kalau suami-istri cocok. Atau kalau ada lainnya, paling-paling bayi sampai batita. Kalau sudah ada anak batita ke atas, anggota keluarga lain, atau teman-teman, waduh…

Problemnya, ini kamar Triple Suite. Tentu saja, isinya banyak tamu. Ya, bayangkan sendiri betapa jengahnya ketika salah satunya harus mandi dan buang air di situ. Bisa jadi tontonan, tuh!

Kami jadi bertanya-tanya, untuk tamu seperti apa kamar ini tepatnya?

Apa Marcello Residence Kami Rekomendasikan untuk Tamu Keluarga?

Saran kami, apa-apa yang tidak berfungsi sebaiknya segera diperbaiki. Kebersihan pun harus dijadikan prioritas.

Semua fasilitas di atas tampak tua dan tidak terawat. Wastafel, misalnya, terlihat ada bercak-bercak di dindingnya. Lantai kamar mandinya juga terlihat jorok, meskipun tidak bau. Bahkan, sarung bantal OYO juga kusam, tampak tidak pernah dicuci.

Selain itu, kami tidak menemukan arah kiblat di langit-langit kamar. Ya, bolehlah penginapan ini dimiliki oleh seorang nonmuslim. Namun, apa ruginya bila sekadar menempel petunjuk arah kiblat sebagaimana banyak penginapan di Indonesia.

Dan, sekali lagi, pintu kamar mandinya itu mengapa dibuat semitransparan? Ini bukan kali pertamanya Keluarga Kecil Homerie menginap di kamar yang pintu kamar mandinya seperti itu. Memang tampak lebih wah dan elite. Tetapi, entahlah, selalu saja ada rasa jengah, terutama ketika anak-anak mulai tumbuh besar.

Dengan pengalaman kami, spesifiknya di kamar Triple Suite, kami belum bisa merekomendasikan penginapan ini untuk keluarga. Kecuali bila perbaikan-perbaikan di atas dilakukan.

Entah untuk kamar tipe lainnya. Entah pula untuk tamu-tamu jenis yang bukan keluarga. Karena secara umum, sebenarnya Marcello Residence cukup baik. Stafnya pun ramah-ramah.

OYO 485 Marcello Residence

  • Alamat: Jalan Siwalankerto VIII Blok F no. 8, Dukuh Menanggal, Gayungan. Surabaya, Jawa Timur 60234 (Google Maps)
  • Telepon: +62 21 29707600 (OYO Pusat)

Komentar