Hotel Karunia Jember: Strategis dan Ekonomis

Daftar Isi
Hotel Karunia Jember: Strategis dan Ekonomis

Jember adalah salah satu kota di Jawa Timur yang belum pernah kami kunjungi secara bersama-sama sekeluarga. Namun, itu dahulu. Beberapa waktu yang lalu, kami berkesempatan menjejakkan kaki di sana dan menginap di Hotel Karunia Jember, sebuah penginapan bintang dua yang tarifnya ramah di kantong.

Saat pertama datang, di pagar hotel tersebut terpasang spanduk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2022. Wah, jangan-jangan, hotel ini akan dijadikan tempat menginap para atlet, terutama kontingen dari Sidoarjo (sebagaimana yang tertulis di spanduknya). Antara bangga dan khawatir.


Fasilitas Kamar Hotel Karunia Jember

Fasilitas Kamar Hotel Karunia Jember

Bangga karena ternyata hotel ini jadi pilihan para atlet, atau setidaknya ikut terlibat dalam perhelatan bertaraf provinsi.

Khawatir karena kalau benar Hotel Karunia Jember dijadikan tempat menginap para atlet, pasti tempat ini ramai dan berisik. Maklumlah, tamu rombongan di mana-mana pasti heboh sendiri, bukan?

Tanpa tamu rombongan saja Hotel Karunia Jember sudah jelas berdiri di pinggir jalan besar. Kendaraan yang berlalu lalang selalu menciptakan suasana bising dan menyebarkan debu serta asap knalpot ke pekarangan hotel.

“Wah, salah pilih penginapan, nih!” kesan pertama Yayah. Sebab, asal tahu saja, yang memilih hotel ini adalah Ara. Terus terang, kami sempat khawatir tidak dapat beristirahat dengan nyaman di tempat seperti ini.

Akan tetapi, begitu masuk ke lobi dan melihat interior yang tenang, lega, rapi dan bersih, pendapat kami mulai berubah.

Proses check-in selesai, kami diantar oleh staf hotel ke kamar B-102, tipe Superior Triple dengan Exhaust Fan, sesuai pesanan kami melalui sebuah aplikasi travel.

Ada dua ranjang di kamar berukuran 16 meter persegi tersebut. Satu berukuran single, dan satu lagi berukuran queen. Kami memang memesan begini, sehingga tidak perlu tidur berdesakan atau menyewa kasur tambahan untuk anak-anak (yang sudah makin besar).

Tidak ada AC di kamar ini. Hanya ada exhaust, itu pun rusak. Untunglah, cuaca Jember saat itu sejuk, jadi pendingin ruangan tidak terlalu penting.

Di kamar, terdapat wastafel dan satu meja. Di atas meja, ada tiga handuk, tiga botol air minum, remote televisi layar datar, dan tisu.

Kamar mandinya sendiri menggunakan kloset duduk. Ada shower dan keran yang bisa digunakan untuk wudu sekaligus mengisi ember kecil. Toiletrisnya hanya sabun mandi (kecil) dan handuk tadi.

Oh ya, wi-fi juga tersedia dan sinyalnya bagus.

Fasilitas Umum Hotel Karunia Jember

Fasilitas Umum Hotel Karunia Jember

Puas beristirahat di kamar, kami berjalan-jalan keliling hotel. Di depan kamar, ada sebuah taman kecil panjang untuk memisahkan lorong kamar-kamar. Di dinding-dinding sekitar, dipasang kutipan-kutipan bijak.

Ada tempat duduk juga di lorong depan kamar (teras). Jadi kalau bosan di kamar atau merasa gerah, kita bisa duduk-duduk di sini.

Ternyata, kamar-kamar di Hotel Karunia bukan hanya ada di lantai satu. Kamar juga berderet di lantai dua, walaupun jumlahnya lebih sedikit. Tamu dapat memilih tipe kamar Standard, Superior Twin atau Double, Triple, atau Deluxe Double sesuai kebutuhan atau jumlah tamu.

Hotel Karunia Jember memiliki area parkirnya yang luas. Pemandangan halaman depannya tampak lebih menarik dibanding pekarangan belakang.

Andai saja lokasinya tidak dekat dengan jalan besar yang kerap dilewati mobil-motor berkecepatan tinggi, Ara dan Kira pasti kami izinkan bermain dan berlari-larian mengejar kucing di sana.

Akomodasi ini juga menyediakan musala di bagian depan halamannya, tepatnya di sebelah tempat parkir. Sayangnya, musala ini seperti tidak terurus. Mungkin sudah lama tidak digunakan. Jadi kalau mau salat, kami sarankan sebaiknya di dalam kamar saja. Lebih bersih!

Sebelum datang ke Jember, kami menelepon Hotel Karunia. Menurut resepsionisnya, jarak penjual makanan di sekitar hotel agak jauh. Bisa dijangkau dengan jalan kaki, tetapi pilihannya terbatas. Maka, kami memilih kamar yang sekalian ada sarapannya.

Nah, pagi itu, kami sarapan di Resto Hotel Karunia Jember. Lokasinya jadi satu dengan lobi. Tempatnya luas, nyaman, dan banyak kursi.

Namun, sistemnya bukan buffet. Kita serahkan kupon yang diberi saat check-in, lalu staf resto akan memberi kita seporsi makanan. Ketika kami sarapan, menunya pecel dan segelas teh atau kopi. Galon air mineral pun tersedia untuk umum. Kami pun mengisi tumbler-tumbler bekal perjalanan kami dari galon itu.

Hotel Karunia Jember juga menyediakan makan siang dan malam. Ini alternatif praktis jika kita lapar dan sedang malas keluar hotel. Namun, tentu saja akan ada biaya tambahannya.

Karunia Hotel Jember


Sejak awal, hotel ini kami pilih karena tempatnya tidak jauh dari pusat kota dan Stasiun Jember. Cukup strategis. Jadi, kami hanya menaiki Gocar selama sepuluh menit, sudah sampai.

Itu pertimbangan utama kami. Selain, tentu saja, harga per malamnya yang terjangkau.

  • Akomodasi Berbintang 2
  • Alamat: Jalan MR. Wahid 20, Wirowongso, Ajung, Sumber Rejo, Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68175 (Google Maps)
  • Telepon/WhatsApp: +62 8223 470 0777