Jelajah Jatim dengan Kereta Api Probowangi

Daftar Isi
Jelajah Jatim dengan Kereta Api Probowangi

Kereta Api Probowangi merupakan kereta api antarkota kelas ekonomi untuk relasi Ketapang-Surabaya, dengan total jarak tempuh sekitar 290 km dan waktu tempuh rerata 6 jam.

Awalnya, kereta api ini memiliki status kereta api lokal yang melayani rute Probolinggo-Banyuwangi pergi-pulang, makanya disebut Probo-wangi. Dari Probolinggo, berangkat pagi dan dari Banyuwangi berangkat siang. Namun, sejak 2014, rute KA Probowangi diperpanjang hingga Surabaya.


Rute Kereta Api Probowangi 2024

Rute KA Probowangi 2024

Dari Surabaya, Kereta Api Probowangi berangkat pada pagi hari, sekitar pukul 5, dan sampai di Banyuwangi sekitar pukul 11. Berikut ini rutenya:

  1. Surabaya Gubeng (SGU) 
  2. Wonokromo (WO)
  3. Waru (WR) 
  4. Sidoarjo (SDA) 
  5. Bangil (BG) 
  6. Pasuruan (PS) 
  7. Grati (GI) 
  8. Probolinggo (PB) 
  9. Klakah (KK) 
  10. Tanggul (TGL) 
  11. Rambipuji (RBP) 
  12. Jember (JR) 
  13. Kalisat (KLT) 
  14. Kalibaru (KBR) 
  15. Kalisetail (KSL) 
  16. Temuguruh (TGR) 
  17. Rogojampi (RGP) 
  18. Banyuwangi Kota (BWI) 
  19. Ketapang (KTG)

Sebaliknya, dari Banyuwangi (Ketapang), KA Probowangi berangkat pada sore hari dan sampai di Surabaya pada malam hari. Berikut ini rutenya:

  1. Ketapang (KTG) 
  2. Banyuwangi Kota (BWI) 
  3. Rogojampi (RGP)
  4. Temuguruh (TGR) 
  5. Kalisetail (KSL) 
  6. Kalibaru (KBR) 
  7. Kalisat (KLT) 
  8. Jember (JR) 
  9. Rambipuji (RBP) 
  10. Tanggul (TGL) 
  11. Randuagung (RDA) 
  12. Klakah (KK) 
  13. Probolinggo (PB) 
  14. Pasuruan (PS) 
  15. Bangil (BG) 
  16. Sidoarjo (SDA) 
  17. Waru (WR) 
  18. Wonokromo (WO) 
  19. Surabaya Gubeng (SGU)

Fasilitas Kereta Api Probowangi

Rangkaian Kereta Api Probowangi terdiri dari enam kereta penumpang kelas ekonomi, satu kereta makan, kereta pembangkit, serta satu kereta bagasi. Kereta ini pernah ditarik menggunakan lokomotif BB304 dan BB301, sebelum akhirnya diganti dengan lokomotif CC201.

Setiap rangkaian Kereta Api Probowangi memiliki AC, toilet, kereta berkapasitas 106 penumpang. Tempat duduknya disusun 3 dan 2 kursi, masing-masing saling berhadapan dan tidak bisa direbahkan. Jadi, kalau Ayah-Bunda pergi sekeluarga, pastikan tempat duduknya berhadapan sesama rombongan. Supaya nyaman.

Karena ini kereta Ekomoni subsidi alias Public Service Obligation (PSO), tiketnya murah sekali. Akibatnya, kami sering kesulitan memesan tiketnya. Pesan H-14 keberangkatan saja kadang kami sudah habis. Namun, mungkin beda bila kita bepergian sendiri. Pasti ada saja kursi yang masih kosong untuk satu orang.

Meski KA Probowangi memiliki kereta makan (Restorka), penumpang juga bisa membeli makanan melalui Reska Mobile. Bukan hanya memesan melalui aplikasi, tetapi juga langsung melalui pramu yang menjajakan makanan dan minuman dari kereta ke kereta. Menunya standar PT KAI:

  • Nasi goreng Parahyangan
  • Nasi ayam CFC
  • Nasi ayam geprek
  • Nasi rendang
  • Pop Mie 
  • Aneka camilan 
  • Minuman panas, seperti kopi atau teh.
  • Air mineral.

Kereta ini melewati sawah dan gunung, jadi perjalanannya dijamin tidak hambar. Sama seperti pemandangan jendela kereta ketika kami mudik ke Bandung (lewat jalur selatan).

Dengan harga tiket 27.000 hingga 56.000 rupiah (tergantung tujuan), KA Probowangi murah bagi Ayah-Bunda yang ingin berjalan-jalan. Meski murah, KA Probowangi bagi kami cukup memuaskan. Keretanya selalu tepat waktu, baik berangkat maupun tiba.