1 Night and 2 Days at Palmyra Homestay Malang

Taman Trunojoyo: Paru-paru Kota Malang

Taman Trunojoyo: Paru-paru Kota Malang

Sebagai ruang terbuka yang rindang dan luas, Taman Trunojoyo Malang sungguh pas dibangun di jantung Kota Malang yang penuh polusi. Fungsi paru-paru kota atau pemasok oksigennya benar-benar terasa. Setelah berjalan-jalan di bawah terik matahari, Keluarga Kecil Homerie memutuskan berteduh di sini siang itu.

Sebenarnya, sejak awal menginjakkan kaki di Kota Malang, tepatnya setelah keluar dari stasiun, Ara sudah menunjuk-nunjuk di taman ini, “Wah, apa itu? Kalau urusan kita sudah selesai, kita main ke sana, yuk!” Dari jauh, taman ini memang sudah terlihat lantaran tiga patung singa (Singo Edan) yang lumayan besar dan mencolok.

Yayah dan Bunda setuju-setuju saja, karena tempat yang juga dijuluki Taman Bentoel Trunojoyo, Taman Cerdas Trunojoyo, atau Taman Depan Stasiun Kota Baru ini memang terlihat adem dan menarik. Pohon-pohon trembesinya juga sudah menjulang di atas lima meter membentuk atap yang alami. Pasti nyaman berada di dalamnya.

Lokasi Strategis Taman Trunojoyo Malang

Taman Trunojoyo Malang terletak di jantung kota

Taman Trunojoyo terdiri dari dua area yang terpisah jalan: Taman Trunojoyo Utara dan Taman Trunojoyo Selatan. Keduanya memiliki luas yang hampir sama dan trotoar yang nyaman untuk pejalan kaki. Keduanya dipisahkan oleh pertigaan yang sangat ramai, jadi hati-hati kalau menyeberang.

Bila ingin menikmati Taman Trunojoyo bersama buah hati, Ayah-Bunda sebaiknya langsung ke Taman Trunojoyo Utara, karena semua permainan anak berada di sana. Namun, bila ingin berwisata kuliner, silakan menjujuk Taman Trunojoyo Selatan.

Letak taman ini sangat strategis. Setelah mengunjungi Alun-Alun Tugu Malang yang sulit dipakai untuk duduk-duduk santai karena tidak rindang, sambil menunggu keberangkatan kereta pulang, kami mengantarkan Ara dan Kira bermain-main di sini. Taman ini sangat dekat dengan mana-mana:
  • Stasiun Malang Kota Baru: 120 meter
  • Alun-alun Tugu Malang: 350 meter
  • DPRD Kota Malang: 400 meter
  • Balai Kota atau Kantor Pemerintah Kota Malang: 500 meter
  • Aula Skodam V Brawijaya: 500 meter
  • Hotel Tugu Malang: 550 meter
  • Taman Rekreasi Kota (Tarekot) Malang: 800 meter
  • Pasar Bunga Kota Malang: 900 meter
  • Palmyra Hostel: 1.300 meter
Taman Trunojoyo bisa dijangkau dengan angkutan kota (angkot) dari terminal. Dari Terminal Arjosari, naiklah angkot jurusan AL atau ADL. Sedangkan kalau dari Terminal Gadang, pilihlah angkot lin AG.

Mengunjungi Taman Trunojoyo dengan kendaraan pribadi tentu lebih praktis. Jangan khawatir, tempat parkirnya enak, walaupun tidak luas. Cari saja Stasiun Kota Malang Baru, lalu lihat sekitar. Kalau ada patung singa besar, itulah Taman Trunojoyo. Untuk lokasi yang lebih akurat, kami sertakan koordinatnya Google Maps di bagian akhir dari tulisan ini.

Fasilitas Taman Trunojoyo Malang

Taman Baca Trunojoyo Malang

Layaknya taman-taman modern lainnya, Taman Trunojoyo Malang juga dilengkapi dengan toilet umum, gazebo-gazebo, bangku-bangku, tempat sampah yang terdiri dari tiga jenis (anorganik, organik, dan beracun-berbahaya).

Memiliki sumur resapan atau biopori di beberapa titik, Taman Trunojoyo juga dilengkapi dengan keran otomatis penyiram tanaman. Lampu-lampu tamannya akan menyala indah saat malam.

Bagaimana dengan tempat bermain atau playground? Banyak wahana yang bisa dimainkan untuk si buah hati, seperti ayunan, prosotan, jungkat-jungkit, panjat-panjatan, bak pasir (putih), air mancur, juga ruang bilas yang tertutup.

Untuk orang dewasa, terdapat fasilitas terapi pijat kaki dan ruang ibu menyusui.

Jenuh berjalan-jalan, kita pun dapat mengunjungi Taman Baca Masyarakat (TBM) atau perpustakaan yang buka pukul 9.00-15.30 (hari libur nasional tutup). Taman Baca Trunojoyo Malang menyediakan berbagai buku untuk kita baca secara gratis. Namun karena koleksinya terbatas, buku-buku itu tidak boleh dibawa pulang. Harus dibaca di tempat.

TBM ini memfasilitasi pengunjung dengan tempat baca dalam (indoor) dan luar ruangan (outdoor). Tempat membaca outdoor berada di sisi kanan dan kiri, dilengkapi dengan meja dan kursi dari semen yang unik.

Kalau sudah begini, bukan anak-anak seperti Ara dan Kira saja yang senang, mahasiswa-mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas kuliah pun pasti menikmati. Apalagi, wi-fi-nya gratis dan, sepengamatan kami, internetnya cepat juga.

Wisata Kuliner Taman Trunojoyo

PKL penjual makanan ada di mana-mana di sekitar Taman Trunojoyo Malang

Kelaparan? Di sebelah Taman Trunojoyo Selatan terdapat pujasera dan PKL-PKL penjaja makanan yang menawarkan beragam jajanan. Kalau dirasa kurang variatif, silakan jajal resto-resto sekitar yang masih dalam jangkauan langkah kaki.

Kami sendiri, lantaran membawa bekal makanan dari hotel, jadi piknik keluarga saja di Taman Trunojoup. Tidak ada larangan untuk makan-makan di dalam taman, kok. Hanya, jangan sampai meninggalkan sampah. Mari kita jaga bersama keindahan taman ini.


Setelah perut terisi dan tiba salat Asar, kami pun meninggalkan Taman Trunojoyo. Kereta kami berangkat akan sore itu. Beruntungnya kami menemukan hutan kota yang nyaman ini, sehingga menunggu berjam-jam pun tidak terasa.

Kami melihat sekitar, ternyata banyak juga pengunjung yang membawa tas besar atau koper. Barangkali mereka seperti kami: sedang menunggu keberangkatan kereta.

Taman Cerdas Trunojoyo Malang

  • Taman Kota (town square)
  • Dibangun: -
  • Diresmikan (revitalisasi): 1 Juni 2014 oleh Wali Kota Malang, Moch. Anton
  • Jam buka: 24 jam
  • Alamat: Jalan Trunojoyo, Kelurahan Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111, Indonesia (Google Maps)
  • Luas: ± 1.600 meter persegi
  • Harga Tiket Masuk: gratis

Komentar