Pijat Telapak Tangan yang Membuat Rileks

Pijat Telapak Tangan yang Membuat Rileks

Palm massage, hand reflexology, alias pijat telapak tangan merupakan bagian dari teknik refleksologi. Bisa dibilang, ini lanjutan dari pijat refleksi untuk anak yang lebih berfokus pada telapak kaki tempo hari.

Pijat telapak kaki sudah terbukti memperbaiki mood Kira. Apakah pijat telapak tangan dapat menimbulkan efek positif yang sama? Itu yang ingin kami, Keluarga Kecil Homerie, coba.

Kali ini, kami juga mengombinasikannya dengan alat-alat sederhana untuk membantu melakukan terapi. Bukan alat terapis profesional. Alat yang kami maksud ini pasti juga ada di sekitar Ayah-Bunda setiap harinya, seperti pulpen, pensil, dan sebagainya.

Manfaat Pijat Telapak Tangan

Apapun alatnya, sebenarnya pijat telapak tangan ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit atau ketegangan, memperbaiki beberapa organ tubuh dengan cara melancarkan peredaran darah, dan membuat anak yang dipijat merasa rileks.

Saking rileksnya dengan palm massage ini, Kira sampai bolak-balik terantuk-antuk ketika Bunda memijatnya. Kami sempat merekam momen lucu itu, lo. Silakan tonton selengkapnya di video Homerie ini:


Beberapa penelitian memang menunjukkan, telapak tangan memiliki titik-titik yang berhubungan dengan kesehatan seseorang. Bahkan, pijatan ke titik-titik tertentu ternyata dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Ini berita baik, tentunya. Sebab, pijat itu gratis kalau dilakukan sendiri. Mau tahu caranya?

Cara Melakukan Pijat Telapak Tangan untuk Anak

Tidak perlu teknik yang rumit untuk melakukan palm massage terhadap buah hati. Cukup lakukan beberapa hal sederhana ini:
  1. Dudukkan atau baringkan anak di tempat yang nyaman baginya.
  2. Ambil posisi duduk yang juga nyaman bagi pemijat. Sesuaikan panjang tangan anak dengan jarak pemijat.
  3. Jika menggunakan alat, pastikan semua alat steril. Minimal, cucilah dulu dengan sabun.
  4. Gunakan minyak zaitun atau minyak-minyak pijat lainnya untuk membuat proses pemijatan lebih licin (lancar) dan wangi (aromatherapy effect).
  5. Mulailah dengan usapan-usapan di telapak tangan untuk “memanaskan” kulit tangan si buah hati, agar siap menerima pijatan.
  6. Lanjutkan dengan tekanan-tekanan yang lebih kuat, baik di telapak tangan maupun jemari. Namun, pastikan pijatan ini tidak menyakitkan. Jika anak mendesah atau bahkan menjerit, segera kurangi tekanannya.
  7. Setelah sesi pemijatan selesai, basuh seluruh tangan anak dengan waslap berair hangat. Selain untuk membersihkan tangan dari sisa-sisa minyak atau keringat, kehangatan waslap diharapkan bisa meninggalkan kesan akhir yang menyenangkan bagi anak.
Untuk detailnya, lihat video kami di atas. Selamat mencoba pijat telapak tangan!

Dijamin, si kecil akan menikmatinya. Terutama di masa-masa karantina akibat wabah COVID-19 (penyakit akibat virus korona) ini. Cepat atau lambat, anak akan bosan tinggal di rumah terus. Maka kegiatan sederhana seperti palm massage niscaya membuat mereka lebih rileks, selalu berpikir positif, dan insyaAllah sehat terus.

Komentar