Antisipasi Perjalanan: Keajaiban sebelum Traveling

Daftar Isi
Antisipasi Perjalanan: Keajaiban Kebahagiaan Sebelum Traveling

Antisipasi perjalanan (Anticipatory Travel) atau sering juga disebut sebagai Pre-trip Happiness adalah momen ajaib yang terjadi sebelum kita benar-benar memulai petualangan.

Mengapa merencanakan perjalanan dapat membawa kebahagiaan yang lebih besar daripada perjalanan itu sendiri? Bagaimana mungkin?


Antisipasi Membangun Kebahagiaan

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang merencanakan perjalanan merasa lebih bahagia daripada mereka yang tidak melakukannya. Bahkan sebelum kita menginjakkan kaki di tujuan, proses perencanaan tersebut sudah membawa kegembiraan.

Hal ini karena antisipasi memungkinkan kita untuk membangun harapan positif dan menikmati pengalaman yang akan datang. Bahkan jika kita tidak jadi berangkat pun, kebahagiaan itu masih tersisa di benak kita.

Tidak percaya? Silakan dipraktikkan sendiri.

Teori Broaden and Build

Tahukah Ayah-Bunda, teori psikologi positif Broaden and Build menyatakan bahwa emosi positif yang kita alami selama perjalanan memperkuat kebahagiaan kita. Itulah pentingnya berwisata bersama keluarga.

Dengan merencanakan perjalanan, terutama bersama keluarga, kita mengalami peningkatan antisipasi, kepuasan perjalanan, dan bahkan kepuasan hidup yang lebih lama.

Bagaimana Meningkatkan Antisipasi

Setelah tahu betapa bermanfaatnya, pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan dampak positif dari Anticipatory Travel ini? Sebenarnya mudah, Ayah-Bunda.

  1. Cobalah Aktif Terlibat dalam Perencanaan: Makin aktif kita terlibat dalam merencanakan perjalanan, makin besar tingkat antisipasi yang kita rasakan. Jangan hanya mengandalkan paket tur dari agen travel atau keputusan orang lain. Cari cara untuk merancang perjalanan Ayah-Bunda sendiri.
  2. Ubah Pandangan Awal: Lihat tahap perencanaan sebagai kesempatan pertama untuk merasakan emosi positif terkait perjalanan. Jangan biarkan kita merasa terbebani oleh banyak pilihan. Fokuslah pada apa yang membuat diri kita bahagia saja.
  3. Berbicara dengan Orang Lain: Diskusikan rencana perjalanan dengan keluarga dan teman-teman. Berbicara tentang perjalanan akan meningkatkan kebahagiaan antisipasi Anda.

Jika Ayah-Bunda membutuhkan alat untuk merancang perjalanan, misalnya tiket pesawat atau hotel, cobalah aplikasi traveling Homerie ini. Berfungsi baik dan gratis (kalau mau dilanjutkan beli di sana juga bisa).

Oke, Ayah-Bunda? Mari nikmati keajaiban “Antisipasi Perjalanan” sebelum kita memulai petualangan!

Referensi