11 Item Alternatif agar Family Traveling Lebih Asyik

Daftar Isi
11 Item Alternatif agar Family Traveling Lebih Asyik

Sedang menyiapkan liburan keluarga? Wah, sudah terbayang-bayang asyiknya! Namun, sebelum berkemas, tidak ada salahnya Ayah-Bunda membaca tips ini:

  1. Gunakan plas chamois, alih-alih handuk untuk mengeringkan badan dan rambut. Sebab, plas chamois atau kanebo lebih ringan, lebih kecil sehingga bisa diselipkan di tas, tetapi daya serap airnya dua kali lebih tinggi, mudah diperas, mudah kering, dan cenderung tidak bau meskipun berkali-kali dipakai.
  2. Bawalah baju-baju berbahan katun, alih-alih pakaian poliester. Sebab, katun nyaman di kulit, mampu menyerap keringat, dan memungkinkan sirkulasi udara melalui pori-porinya. Cocok untuk perjalanan jauh maupun dekat.
  3. Bawalah celana-celana kain, alih-alih celana jin atau denim. Sebab, celana kain lebih ringan, hemat tempat di ransel, gampang dicuci, dan lebih mudah kering ketika basah.
  4. Pakailah tas ransel, alih-alih koper. Sebab, ransel lebih mudah dibawa saat berpindah tempat, lebih fleksibel disimpan di tempat sempit, dan cocok untuk banyak jenis perjalanan.
  5. Bawalah botol minum isi ulang, alih-alih botol plastik sekali pakai. Sebab, botol tersebut lebih ramah lingkungan, artinya Ayah-Bunda mengurangi sampah plastik, dan tentu saja menghemat biaya air.
  6. Gunakan peta digital, alih-alih peta kertas. Sebab, peta digital umumnya gratis, lengkap, mudah diperbarui, bisa memberikan petunjuk arah secara real-time, dapat menunjukkan lokasi kita, bisa memberi tahu tempat-tempat penting terdekat, dan tidak memerlukan ruang penyimpanan fisik, alias sudah ada di ponsel pintar.
  7. Pakailah kamera ponsel, alih-alih kamera saku, DSLR, atau mirrorless. Sebab, ponsel pintar lebih ringan, tidak perlu bawa barang lainnya, dan hasil jepretan atau videonya bisa langsung diunggah ke internet.
  8. Gunakan aplikasi dalam memesan tiket atau hotel, alih-alih memesan langsung di konter atau resepsionis. Sebab, dengan aplikasi pemesanan, Ayah-Bunda bisa membandingkan harga, melihat ketersediaan, membaca ulasan, juga melakukan pemesanan kapan saja dan di mana saja. 
  9. Simpan tiket pemesanan dalam bentuk digital, alih-alih cetak. Sebab, e-tiket lebih praktis, tinggal tunjukkan layar ponsel kepada staf atau pindai di mesin check-in, sebagai dokumentasi pun bisa bertahan lama (tidak usah khawatir tintanya pudar setelah beberapa bulan), dan tidak perlu menyampah.
  10. Siapkan uang digital, alih-alih uang tunai. Sebab, uang digital lebih aman (tidak akan dicopet), tidak mempertebal dompet, dan tetap bisa digunakan di hampir semua tempat modern.
  11. Budayakan e-book atau web book (legal) sebagai bacaan, alih-alih buku fisik. Sebab, bacaan-bacaan digital dapat dibaca lewat ponsel, tidak perlu tempat penyimpanan fisik, dapat dibaca kapan pun dan di mana pun sewaktu bepergian.

Dengan ke-11 barang alternatif ini, bawaan Ayah-Bunda dijamin lebih ringan. Sehingga, traveling bersama keluarga pun menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Selamat mencoba. Selamat bepergian, Ayah-Bunda!