Apa dan Bagaimana Pijat Turki Itu

Posting Komentar
Apa dan Bagaimana Pijat Turki Itu

Ada banyak jenis pijat di dunia ini. Beberapa negara bahkan terkenal dengan pijat khasnya masing-masing. Yang pernah Keluarga Kecil Homerie jajal adalah pijat Thai, India (barber), Jepang (Asiatsu), dan refleksi. Nah, bagaimana kalau sekarang kita membahas Pijat Turki, Ayah-Bunda?

Turki adalah negara yang unik. Boleh dibilang, ia setengah Asia, setengah Eropa. Di masa lalu, negara ini pernah menguasai dunia. Jadi, kebudayaannya pun merupakan hasil akulturasi dengan kebudayaan-kebudayaaan negara lain selama ratusan tahun.

Begitu pula dengan tradisi pijatnya. Ada beberapa jenis Pijat Turki, setahu kami.


Hamam alias Turkish Bath

Hamam alias Turkish Bath


Biasanya, Pijat Turki sepaket dengan pemandian, atau yang biasa disebut Turkish Bath alias Hamam. Jadi, selain mendapat terapi pijat, kita juga sekalian sauna sekaligus mandi (digosok dengan sabun). Jadi, ini seperti paket spa saja.

Metode ini sepertinya dipengaruhi oleh tradisi rileksasi orang Romawi dan Yunani Kuno di tempat publik yang disebut thermal. Proses terapinya kurang-lebih sebagai berikut:

  1. Ruang hangat. Ruangan ini dialiri dengan udara panas yang kering. Fungsinya untuk membuat kita, orang yang diterapi, bernapas lega.
  2. Ruang panas. Fungsinya mirip sauna, yaitu mengeluarkan kotoran-kotoran tubuh melalui keringat.
  3. Mandi air dingin. Di sini, kita membersihkan seluruh bagian tubuh, setelah peluh banyak bercucuran. Air dingin maksudnya bukan air es, Ayah-Bunda. Tetapi air bersuhu normal (tidak panas).
  4. Pemijatan. Terapis pijat Turki akan mulai pemijatan di sini. Yang unik, pijatnya bukan menggunakan minyak zaitun atau baby oil, tetapi busa-busa sabun.
  5. Ruang dingin. Di sini, kita berendam dengan air dingin atau sekadar mengguyur tubuh dengan air dingin.

Ya, memang terdengar mewah. Dan biayanya pasti setara dengan spa.


Pijat ala Turki Barber

Pijat ala Turki Barber

Ada versi yang lebih murah dan kering dari hamam, sebenarnya. Pijat-pijat ini bisa kita temui di kedai-kedai barber (tukang cukur) Turki. Karena itu, kita sebut saja dengan pijat barber Turki.

Hampir mirip dengan pijat jalanan India. Namun, pijat barber Turki sedikit lebih bersih dan elegan.

Selebihnya, teknik-tekniknya juga sama kurang-lebih. Seperti squeezing, pinching, plucking, pounding, tapping, hacking, chunking, friction rubbing, pointing, brow bones squeezing, bones cracking, dan lain-lain.

Ada juga pengaruh dari pijat Thailand dengan melibatkan sikut dan fleksibilitas badan.

Sebagaimana pijat-pijat lainnya, kita juga dapat diterapkan untuk anak-anak juga. Mau tahu seperti apa? Simak video Homerie ini:

Related Posts

Posting Komentar

Berlangganan Konten Web Homerie melalui Email