Terapi Thai Massage untuk Anak? Begini Caranya...

Staycation di Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah Surabaya

Staycation di Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah

Mendapat kupon potongan tarif hotel dari Google Local Guides, kami memanfaatkannya untuk staycation alias berlibur tanpa jalan-jalan. Singkat cerita, kami pun memesan kamar Deluxe King di Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah Surabaya.

Di internet, penginapan ini ditandai sebagai akomodasi berbintang 5. Aneh. Seingat kami, hanya segelintir hotel berbintang lima di Surabaya. Dan di antara segelintir itu, rasanya kami tidak pernah mendengar nama Grand Kebonsari. Namun, melihat foto-foto eksteriornya, kami percaya saja. Bagus. Elegan. Apalagi ada embel-embel “grand” di nama penginapan ini.

Tetapi keyakinan itu memudar setelah membaca daftar fasilitasnya. Jangankan kolam renang, “Masa hotel bintang lima nggak ada resto dan pusat kebugarannya?” Yayah mempertanyakan.

Daripada berlarut-larut dalam kebingungan, Yayah segera menelepon ke bagian lobi Grand Kebonsari Syariah. Benar saja, resepsionis pria itu menerangkan, “Kami homestay, Pak, belum ada rating bintang-bintangan.”

Nah lo! Terus, siapa yang membubuhkan “bintang 5” di internet itu?

Area Parkir Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah Surabaya

Ah, sudahlah. Toh meskipun bukan hotel berbintang, Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah ternyata sama sekali tidak mengecewakan. Kami jadi memesan dan betah staycated di dalamnya.

Fasilitas Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah

Resepsionis Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah Surabaya

Kamar Deluxe King dengan satu ranjang ukuran dobel kami terletak di lantai dua. Tidak ada lift di sini, jadi naik-turun kami menggunakan tangga.

Kamarnya ternyata lumayan luas dan lega. Bersih, tentunya. Keterlaluan sekali bila mengaku “syariah” tetapi tempatnya jorok, bukan? Lemari pakaiannya besar. Tetapi tidak ada kulkas atau brankas (safe deposit box).

Ada ruang untuk salat dalam kamar, setidaknya cukup untuk dua orang bersebelahan (satu imam, satu makmum). Di samping itu, Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah Surabaya menyediakan Alquran dan selembar sajadah di setiap kamarnya.

AC atau pendingin ruangannya dingin, sinyal wi-fi atau internetnya lancar, air keran wastafel-pancuran-kakus semuanya deras, air panas juga berfungsi baik. Colokan listrik terpasang di setiap sudut kamar, plus di dalam kamar mandi. Kamar mandinya sendiri cukup luas, modern, dan nyaman.

Televisi ada, tetapi tidak kami periksa. Maklumlah, kami hampir tidak pernah menyentuh TV saat di kamar hotel, termasuk di rumah. Ara yang fanatik dengan tayangan-tayangan semacam Upin & Ipin, Masha & The Bear, dan sejenisnya saja selalu kami wanti-wanti, “Percuma ke hotel kalau kegiatannya tetap nonton TV juga!” Kecuali bila tidak terpaksa sekali, misalnya karena ada tayangan tertentu atau benar-benar menganggur, kami takkan menyentuh remote televisi.

Tidak ada restoran atau kafe di penginapan Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah, tetapi mereka menawarkan diri membelikan kami sarapan pecel. Tentu saja ada tambahan biayanya. Namun kami merasa, lebih baik memesan sendiri melalui Gojek Food atau Grab-Food untuk sarapan dan makan malam. Akan lebih banyak pilihannya.

Tak disangka, di pagi hari, lingkungan kompleks Gayung Kebonsari ini tidak sesepi siang atau malamnya. Setidaknya, Bunda melihat penjual roti dan bubur ayam lewat. Daripada harus berjalan jauh tak tentu arah, Bunda segera memanggil tukang bubur itu. Hanya Rp10.000 per porsi, lebih murah dibanding opsi-opsi menu di Grab-Food atau Go-Food. Porsinya pun lebih jelas. Tanpa ongkir pula!

Tempat-tempat Menarik Sekitar Penginapan Grand Kebonsari

Penampakan depan Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah Surabaya

Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah begitu tenang, sunyi, karena letaknya masuk di kompleks. Cocok untuk beristirahat. Namun, justru karena itulah, penginapan ini seolah jauh dari mana-mana. Lihatlah, jarak ke tempat-tempat ikonik tidak berada dalam jangkauan kaki orang kebanyakan:
Sewaktu kami datang saja, taksi daring kami setidaknya dua kali “terhalang” portal. Harap maklum, beginilah perumahan elit. Namun, secara keseluruhan, posisi Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah cukup strategis di tengah-tengah kota.

Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah

Balkon lantai dua Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah Surabaya
  • Alamat: Jalan Gayung Kebonsari V no. 11, Ketintang, Kecamatan Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235, Indonesia (Google Maps)
  • Telepon: +62 31 827 2987
  • WhatsApp (WA): +62 812 3456 1 555
  • Skype: GrandKebonsari
  • Email: info@grandkebonsari.co.id
Penginapan Grand Kebonsari Guest House & Homestay Syariah sebenarnya bukan untuk keluarga. Tidak ada zona Kids Play, playground, atau fasilitas apapun untuk anak-anak.

Namun, penginapannya sendiri nyaman, cukup luas bagi anak-anak untuk bergerak, kamar tidur maupun kamar mandinya bersih. Bisa dibilang, akomodasi satu ini cocok juga untuk keluarga. Tonton video kami ini dan putuskan sendiri:

Komentar