Dua Malam di Hotel Sulawesi Jember

Daftar Isi
Dua Malam di Hotel Sulawesi Jember

Hanya ada sedikit penginapan yang mengesankan dan membuat family traveler seperti kami ingin menginap lagi, jika memungkinkan. Ini salah satunya: Hotel Sulawesi Jember. Apakah karena ada kolam renang atau taman bermainnya? Tidak juga. Ini murni karena kenyamanannya.

Selain itu, lokasinya juga cukup strategis. Hotel Sulawesi Jember dekat dengan pusat kota dan beberapa tempat penting, seperti Alun-Alun Jember (1,9 km), Stasiun Jember (2,1 km), Universitas Jember (2,3 km), dan sebagainya.

Sejarah dan Tipografi Hotel Sulawesi

Sejarah dan Tipografi Hotel Sulawesi Jember

Didirikan oleh seorang kelahiran Gorontalo, Sulawesi, bernama Ramli Muhammad, hotel ini sekarang sudah berbintang tiga. Ramli telah lama tinggal di Bondowoso dan Jember. Namun, ke mana saja ia pergi dan menetap, kampung halamannya selalu terngiang di benak.

Jadi, ketika akhirnya Ramli terjun ke dunia bisnis, khususnya usaha perhotelan, ia pun mendirikan hotel dengan nama berbau-bau Sulawesi dan Gorontalo.

Hotel yang dibuka pada 11 Juni 1997 ini dibangun di atas lahan sekitar 4.000 meter persegi. Tidak heran kalau hotel ini cukup luas dengan halaman yang cantik. Jadi, bagi pelancong dengan mobil pribadi, hotel ini sangat nyaman.

Namun, percaya atau tidak, Ayah-Bunda, lahan Hotel Sulawesi Jember ini dahulu merupakan tanah gumuk atau bukit kecil.

Makanya, sampai sekarang, posisi Hotel Sulawesi Jember lebih tinggi dibanding bangunan-bangunan lain di sekitarnya. Inilah yang membuat Hotel Sulawesi tampak menonjol di antara bangunan-bangunan lainnya.

Fasilitas Umum Hotel Sulawesi Jember

Fasilitas Umum Hotel Sulawesi Jember

Dengan menumpang taksi daring dari Masjid Roudhotul Muchlisin, kami berhenti tepat di depan lobi Hotel Sulawesi Jember.

Saat mengedarkan pandangan ke sekeliling, tampak keindahan pemandangan alam Jember. Kami sudah ada firasat baik untuk hotel ini!

Meskipun tidak mewah, bagian lobi ditata dengan bersih, cantik, dan nyaman. Setelah check-in, kami diantar ke kamar di lantai dua. Kami harus berjalan kaki agak jauh menyusuri koridor hotel.

Hotel Sulawesi Jember juga memiliki kafe: Coffee Shop Gorontalo. Letaknya di dekat pintu masuk di lantai bawah. Menu-menunya terpampang di dinding koridor yang kami lalui. Memesan melalui telepon di kamar juga bisa.

Sambil menyusuri koridor, kami melihat ada toilet dan musala. Cukup bersih. Jadi, kalau luas kamar dirasa tidak cukup, kami akan salat berjemaah di sini saja. Eh, ternyata kamarnya cukup luas.

Hotel Sulawesi Jember menyediakan sekitar 60 kamar, yang terbagi di lantai satu dan dua. Bangunannya juga terpisah. Kira-kira, ada empat bangunan di sini:

  1. Bangunan utama. Mencakup lobi, kafe, musala, dan kamar. Di setiap lantai, terdapat semacam ruang santai, tempat tamu bisa duduk-duduk sambil mengobrol.
  2. Bangunan yang berisi kamar-kamar juga. Namun, kami tidak mengeksplor sampai ke dalamnya. Yang jelas, di sebelah kiri bangunan ini, terdapat gazebo yang dikelilingi taman kecil.
  3. Bangunan di belakang. Kami tidak tahu peruntukannya. Apakah masih tempat menginap, atau bukan.
  4. Tempat menginap VIP. Semacam vila. Dari luar, tampak fasilitasnya lebih mewah dari kamar-kamar Hotel Sulawesi Jember lainnya.

Selain taman yang cantik, Hotel Sulawesi Jember juga memiliki lahan parkir yang luas. Lokasinya ada di bagian belakang bangunan utama. Di lahan parkir ini, kami bisa jalan-jalan sekaligus melihat pemandangan pegunungan di kejauhan.

Di bagian pinggir hotel, dekat tempat menginap VIP, ada kolam ikan koi. Ukurannya tidak sebesar yang ada di Taman Botani Sukorambi, tetapi gemerciknya sudah cukup membuat telinga menjadi adem.

Fasilitas Kamar Hotel Sulawesi Jember

Fasilitas Kamar Hotel Sulawesi Jember

Masuk kamar, di dekat pintu ada kamar mandi. Wastafel, kloset duduk, dan pancuran air panasnya berfungsi dengan baik. Ada handuk, pasta gigi dan sikatnya, serta sabun mandi ukuran kecil.

Yang mengecewakan, Bunda melihat kecoak bersembunyi di lubang wastafel. Serangga itu tidak sampai keluar, tetapi cukup membuat kami kurang nyaman ketika di kamar mandi.

Di depan kamar mandi, ada sebuah lemari pakaian besar dua pintu. Cukuplah untuk menampung semua tas dan pakaian yang kami bawa.

Sementara, di sebelah lemari, terdapat dua meja panjang. Satu meja dibiarkan kosong, dan satunya lagi untuk meletakkan televisi layar datar, dua botol air mineral, dan aneka kudapan.

Eits, tetapi kudapan itu tidak gratis, lo, Ayah-Bunda! Harga-harganya tertera di bakinya. Rata-rata dua kali lipat dibanding harga normal di minimarket. Ini membuat kami harus mengingatkan Ara dan Kira untuk tidak sembarangan membuka kemasan-kemasan yang memang menggoda itu, hehehe.

Sementara untuk minum, selain memanfaatkan dua botol kecil air mineral yang disediakan hotel sebagai komplemen, tamu juga boleh mengisi ulang secara gratis melalui dispenser di ruang santai. Lumayan!

Kami menempati kamar tipe Standard. Ranjangnya berukuran queen. Bersih dan nyaman. Di sebelah tempat tidur, ada nakas berisi pesawat telepon ke operator dan panel untuk mengatur lampu-lampu di kamar kami, termasuk di balkon.

Ya, setiap kamar di lantai dua disediakan jendela besar, balkon, dan pintu menuju balkon. Kami bisa menjaga sirkulasi udara di dalam kamar dengan membuka pintu balkon, sehingga tidak perlu terus-terusan menyalakan pendingin ruangan. Jendela balkon yang besar juga menjadi sumber penerangan alami di siang hari.

Hotel Sulawesi Jember

Hotel Sulawesi Jember

Menyenangkan sekali menginap selama dua malam di penginapan ini. Fasilitasnya oke, stafnya ramah, kamar dan halamannya luas, pemandangannya bagus, dan tidak khawatir kelaparan, karena kita bisa mendapatkan makanan dari dalam maupun luar hotel.

  • Akomodasi berbintang 3
  • Alamat: Jalan Letjen Suprapto 48, Kebonsari, Sumbersari, Jember, Jawa Timur 68121 • (Google Maps)
  • Telepon: +62 87857766600